MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA

Authors

  • Irfa'i Alfian M. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IANU) Tuban, Indonesia
https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i1.278

Keywords:

Interaktif, Teknologi, Pembelajaran Tatap Muka

Abstract

Pembelajaran tatap muka merupakan proses pembelajaran konvensional yang telah lama digunakan oleh guru dalam mengajar. Tingkat pemahaman siswa terhadap materi ditentukan oleh media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Variasi media dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review atau mengumpulkan dan membandingkan penelitian terdahulu dengan tema bahasan sejenis. Adapun penelitian yang dipilih sebanyak 15 artikel jurnal dan adapun hasil perbandingan mendapat simpula jika media interaktif berbasis teknolgi menjadi media yang efektif dan efisien dalam pembelajaran.

References

Adawiyah, Fatniaton. “Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Paris Langkis 2, no. 1 (2021): 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316.

Agustin, Riska, Nurmalina Nurmalina, dan Iska Noviardila. “Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 3, no. 1 (2021): 71–79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385.

Ali, Moh. “Innovative Leadership Management in Early Children Education.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (2022): 3007–12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198.

Dewi, Anggra Lita Sandra. “Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 1 (2022): 1062–66. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2919.

Gede Cris Smaramanik Dwiqi, I Gde Wawan Sudatha, Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V.” Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha 8, no. 1 (2020): 33–48.

Heryani, Ani, Nurul Pebriyanti, Tin Rustini, dan Yona Wahyuningsih. “Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi.” Jurnal Pendidikan 31, no. 1 (2022): 17. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977.

Ilmi, Yuli Ismi Nahdiyati, dan Gusti Firda Khairunnisa. “Peranan Media Pembelajaran Berbasis Android Ditinjau dari Kepribadian Peserta Didik.” Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education 1, no. 3 (2020): 150–57. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.41.

Inayahtur Rahma. “MEDIA PEMBELAJARAN (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar).” Jurnal Studi Islam 14, no. 2 (2019): 89.

Maulana, Muhammad Ryan, dan Muhammad Nasir. “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Android pada Pembelajaran Ilmu Tahsin dan Tajwid.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2022): 17561765.

Maulidiyah, Farah Nayla. “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan.” Jurnal Pendidikan 29, no. 2 (2020): 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647.

Mayasari, Annisa, Windi Pujasari, Ulfah Ulfah, dan Opan Arifudin. “Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Tahsinia 2, no. 2 (2021): 173–79. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303.

Meliani, D, H Purba, dan L Musyiarti. “Power Point Interaktif Berbasis Multimedia Dalam Mendampingi Belajar Siswa Di Kelas III (Tiga) Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Bahasa Inggris: Parts of Tree.” Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar 06 (2021): 182–89.

Mubaidilla, Irfa’i Alfian; Ziana Dhurrotul Ainiyah; Alfinatul Hidayah. “EFEKTIFITAS SISTEM PEMBELAJARAN CYBER BERBASIS APLIKASI GOOGLE MEET UNTUK MAHASISWA PGMI.” PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education 4, no. 2 (2022): 1–10.

Mubaidilla, Irfa’i Alfian. “EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DENGAN MEDIA VIDEO.” El-Fata : Jurnal Ilmu Tarbiyah 03, no. 01 (2023): 43–53. https://doi.org/https://doi.org/10.36420/eft.v3i01.224.

Mubaidilla, Miftakhul Rizal. “Penerapan Mnemonik Sebagai Metode Alternatif Untuk Menghafal Huruf Ikhfa’.” Al-Rabwah 16, no. 02 (2022): 90–96. https://doi.org/10.55799/jalr.v16i02.199.

Nurul Audie. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar.” Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, no. 1 (2019): 586–95.

Rahmi, Mar’atush Sholichah Muntaha, M. Arif Budiman, dan Ari Widyaningrum. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku.” International Journal of Elementary Education 3, no. 2 (2019): 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524.

Robbia, Annisa Zikri, dan Husnul Fuadi. “Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5, no. 2 (2020): 117–23. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125.

Sartika, dan Mira Octafianti. “Pemanfaatan Kahoot Untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” Journal On Education 1, no. 3 (2019): 373–85.

Seppewali, Andi, dan Darmayanti Damma. “Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa Sd Inpres Cambaya 3 Kota Makassar.” Swadimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 01 (2023): 61–68. https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.300.

Sina, Ibnu, Ehda Farlina, Sunto Sukandar, dan Rahayu Kariadinata. “Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.” Suska Journal of Mathematics Education 5, no. 1 (2019): 57. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.5081.

Syaflin, Sylvia Lara. “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI IPA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 4 (2022): 1516–25.

Triandini, Evi, Sadu Jayanatha, Arie Indrawan, Ganda Werla Putra, dan Bayu Iswara. “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia.” Indonesian Journal of Information Systems 1, no. 2 (2019): 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Alfian M., Irfa’i. 2024. “MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA”. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta 2 (1):01-10. https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i1.278.

Issue

Section

Articles

Citation Check