PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MOTORIK DAN KOGNITIF ANAK KELAS II SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMAHAMI PEMBELAJARAN

Keywords:
Perkembangan, Kognitif, MotorikAbstract
Sebagai seorang pendidik, menyampaikan materi pembelajaran di kelas haruslah sangat diperhatikan. Penguasaan materi dan pemilihan metode pembelajaran menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Kesulitan-kesulitan dalam proses belajar mengajar akan sangat terasa, terutama ketika menghadapi anak anak yang mulai bosan di dalam kelas. menghadapi situasi ini, sebagai seorang guru dituntut untuk memiliki kesabaran dan ketelatenan penuh. tak hanya itu, kreatifitas seorang pendidik juga akan diasah ketika menghadapi anak anak usia sekolah dasar dan sedang mengalami perkembangan. Salah satu aspek penting dari perkembangan adalah aspek kognitif dan motorik. Perkembangan kognitif merupakan suatu perkembangan yang sangat komprehensif yaitu berkaitan dengan kemampuan berfikir, seperti kemampuan mengingat, berimajinasi dan kreatifitas. Sedangkan perkembangan motorik berhubungan dengan pengendalian gerak tubuh. Keterampilan motorik berkembang sejalan dengan kematangan syaraf dan otot. Pentingnya pemahaman terhadap jenjang kemampuan kognitif dan motorik anak tersebut menjadi pedoman dalam memilih materi, model dan metode pembelajaran. Tujuannya, agar terwujudnya pembelajaran yang efektif dan anak dapat memahami materi secara maksimal, sesuai dengan kemampuan kognitif dan motoric yang dimiliki.
References
Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. ke-9
Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hasanah, U. 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak
Hellosehat.com tentang Parenting, https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/tumbuh-kembang-anak/perkembangan-anak-usia-7-tahun/ diakses pada tanggal 29 November 2023
Mubaidilla, Miftakhul Rizal. “Internalisasi Pelajaran Dalam Kehidupan: Analisis Emperis Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Tingkat Dasar.” El-Fata : Jurnal Ilmu Tarbiyah 03, no. 01 (2023): 54–61. http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/elfata/article/view/225/211.
Novan, A.W. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nova Nur Ramandhani, Adityas Firmansyah, Febrian Karunadiah Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.