PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MOTORIK DAN KOGNITIF ANAK KELAS II SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMAHAMI PEMBELAJARAN

Authors

  • Nova Nur Ramandhani Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo, Indonesia
  • Adityas Firmansyah Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo, Indonesia
  • Febrian Karunadiah Putri Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo, Indonesia
https://doi.org/10.55799/attaksis.v1i2.339

Keywords:

Perkembangan, Kognitif, Motorik

Abstract

Sebagai seorang pendidik, menyampaikan materi pembelajaran di kelas haruslah sangat diperhatikan. Penguasaan materi dan pemilihan metode pembelajaran menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Kesulitan-kesulitan dalam proses belajar mengajar akan sangat terasa, terutama ketika menghadapi anak anak yang mulai bosan di dalam kelas. menghadapi situasi ini, sebagai seorang guru dituntut untuk memiliki kesabaran dan ketelatenan penuh. tak hanya itu, kreatifitas seorang pendidik juga akan diasah ketika menghadapi anak anak usia sekolah dasar dan sedang mengalami perkembangan. Salah satu aspek penting dari perkembangan adalah aspek kognitif dan motorik. Perkembangan kognitif merupakan suatu perkembangan yang sangat komprehensif yaitu berkaitan dengan kemampuan berfikir, seperti kemampuan mengingat, berimajinasi dan kreatifitas. Sedangkan perkembangan motorik berhubungan dengan pengendalian gerak tubuh. Keterampilan motorik berkembang sejalan dengan kematangan syaraf dan otot. Pentingnya pemahaman terhadap jenjang kemampuan kognitif dan motorik anak tersebut menjadi pedoman dalam memilih materi, model dan metode pembelajaran. Tujuannya, agar terwujudnya pembelajaran yang efektif dan anak dapat memahami materi secara maksimal, sesuai dengan kemampuan kognitif dan motoric yang dimiliki.

References

Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. ke-9

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hasanah, U. 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak

Hellosehat.com tentang Parenting, https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/tumbuh-kembang-anak/perkembangan-anak-usia-7-tahun/ diakses pada tanggal 29 November 2023

Mubaidilla, Miftakhul Rizal. “Internalisasi Pelajaran Dalam Kehidupan: Analisis Emperis Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Tingkat Dasar.” El-Fata : Jurnal Ilmu Tarbiyah 03, no. 01 (2023): 54–61. http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/elfata/article/view/225/211.

Novan, A.W. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Nur Ramandhani, Nova, Adityas Firmansyah, and Febrian Karunadiah Putri. 2024. “PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MOTORIK DAN KOGNITIF ANAK KELAS II SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMAHAMI PEMBELAJARAN”. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta 1 (2):01-07. https://doi.org/10.55799/attaksis.v1i2.339.

Issue

Section

Articles

Citation Check