STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL BACAAN SHALAT FARDHU SISWA KELAS II MI MIFTAHUL HUDA TUNAH

Keywords:
Strategi guru, Kesulitan Siswa, Sholat FardhuAbstract
Kesulitan yang dialami guru kelas 2 MI Miftahul Huda Tunah dalam pelaksanaan proses pembelajaran shalat fardhu adalah ketika mengajarkan siswa untuk menghafalkan bacaan shalat, karena banyak siswa yang baru belajar jilid 2 atau 3. Selain itu, menurut siswa kelas 2 MI Miftahul Huda Tunah panjangnya bacaan shalat dan setiap gerakan memiliki bacaan yang berbeda, membuat mereka bingung dan kesulitan untuk membedakan bacaan di setiap gerakannya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengungkap apa saja upaya guru dalam menanggulangi krisis kesulitan tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa menghafalkan bacaan shalat pada mata pelajaran fiqih materi shalat fardhu di kelas 2 MI Miftahul Huda Tunah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam mengumpulkan dan memperoleh data, peneliti menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengatasi kesulitan siswa menghafalkan bacaan shalat pada mata pelajaran fiqih materi shalat fardhu di kelas 2 MI Miftahul Huda Tunah adalah dengan menggunakan metode demonstrasi dan drill, menggunakan media gambar dan video, melakukan penilaian praktik, dan menjalin kerjasama dengan orang tua siswa.
References
Arzani, M. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Shalat Wajib Di Kelas III MI Maraqitta’limat Anyar Tahun Pelajaran 2017/2018.” . . Jurnal Ilmiah Mandala Education 5, no. 1 (2019): 146–53.
Ayuningrum, Desy. “Peningkatan Kemampuan Hafalan Bacaan Sholat Anak Usia 6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 02 (December 25, 2018): 172–87. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.13.
El-sutha, S.H. Shalat Samudra Hikmah. Wahyu Qolbu, 2016.
Humaira H. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Di MTs Al-Islamiyah Ciledug.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta., 2022.
Mahmudin. “Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fikih Shalat Di Madrasah Ibtidayah.” Jurnal Ilmiah AL-MADRASAH Vol 2, no. Issue 2 (2011).
Mubaidilla, Miftakhul Rizal. “Penerapan Mnemonik Sebagai Metode Alternatif Untuk Menghafal Huruf Ikhfa’.” Al-Rabwah 16, no. 02 (2022): 90–96. https://doi.org/10.55799/jalr.v16i02.199.
Muslichah. “Peningkatan Kualitas Gerakan Shalat Dengan Metode Drill Pada Siswa Kelas II MI Negeri Secang Kabupaten Magelang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2011/2012.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011.
Nabila, Masri, D., Fitri, R. I., & Suseno, R. N. “Pola Kerjasama Antara Orang Tua Dan Guru Dalam Pembelajaran Bacaan Shalat Di RA Al-Amin.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2022): 74–78.
Pandiangan, A.P.B. Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish, 2019.
Rahayu, P., & Ubabuddin. “). Penilaian Unjuk Kerja Dan Praktik Dalam Pembelajaran PAI.” JIP 1, no. 2 (2023): 304–13.
Rahma, H. “Penggunaan Media Audio Visual Memberikan Pemahaman Siswa Pada Pelajaran Fiqih Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An Nur Ajung Jember 2020/2021.” Institut Agama Islam Negeri Jember, 2021.
Satiman. “Peningkatan Kemampuan Menghafal Bacaan-Bacaan Salat Metode Drill Di SD Negeri Tancep 1 Ngawen.” Jurnal Pendidikan Madrasah Volume 5, no. Nomor 2 (November 2020): 205–2013.
Tambak, S. “Metode Drill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Hikmah 13, no. 2 (2016): 110–27.
Tanjung, Alwin, Upaya Guru, Dalam Mengatasi, Kesulitan Belajar, Siswa Kelas, V Pada Mata, Pelajaran Pai Di Sdn Uptd, and Mompang Jae. “UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN UPTD 063 MOMPANG JAE,” 2022.
Ulinuha, Putra. “Strategi Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Ayo Kita Shalat Melalui Metode Pembiasaan Pada Siswa Di SDIT Al Islamiyah.” Jurnal Studi Inovasi 1, no. 4 (October 21, 2021): 10–22. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i4.57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ziana Dhurrotul Ainiyah, Yulian, Mubaidilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.