MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA MI/SD MELALUI CERITA BERGAMBAR

Keywords:
Menumbuhkan, Minat Baca, Cerita BergambarAbstract
Minat membaca anak harus terus dikawal dan di kembangkan khususnya pada muatan Bahasa Indonesia SD/MI. Jika hal tersebut diabaikan, maka akan berdampak pada menurunnya kualitas peserta didik, karena membaca merupakan kunci pembuka pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menumbuhkan minat baca pada anak MI/SD melalui cerita bergambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui data impiris dengan cerita bergambar. Untuk memberikan stimulus pada anak untuk lebih gemar membaca sehingga target yang dicanangkan oleh negara yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahu 2003 tercapai, diperlukan upaya kreatif dari masyarakat pendidikan. Dari hasil analisis beberapa penelitian menunjukkan bahwa, media cerita bergambar menjadi salah satu pilihan yang berdampak cukup baik dalam menumbuhkan minat baca pada anak sekolah dasar atau sekolah madrasah Ibtidaiyah, dapat menarik perhatian siswa, memotivasi siswa agar lebih aktif dalam membaca, serta menjadikan pembelajaran lebih bervariasi. Buku cerita yang dilengkapi oleh gambar maupun teks wacana, secara langsung akan mengarahkan pembacanya mendapat dua pemahaman, yakni yang diperoleh melalui visual – gambar-gambar dan verbal-teks wacana. Gambar dalam cerita menjadi perekat yang dapat memperkuat ingatan dan pemahaman mereka terhadap isi dari cerita yang dibaca.
References
Apriliani, Siwi Pawestri, and Elvira Hoesein Radia. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2020): 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492.
Azra, Azyumardi. “Faith, Values, and Integrity in Public Life”, makalah disampaikan pada World Ethics Forum: Leadership, Ethics, and Integrity in Public Life, Oxford, International Institute for Public Ethics (IPPE) dan The World Banl, 9-12 April, (2006).
Dirwan, Dirwan, Bunyamin Bunyamin, and St Umrah. “Perintah Membaca Dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan (Surah Al-Alaq).” AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2028): 34–47. https://doi.org/10.32489/alfikr.v4i2.32.
Hasanah, Umi Ma’rufah Uswatun. “Budaya Membaca Di Kalangan Anak Muda Oleh Umi Ma’rufah Uswatun Hasanah Abstract.” Sebelas Maret Institutional Repository, 2012, 1–2.
Hidayah, Nurul. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 2 (2015): 190–204.
Kurniawati, Risma Tri, and Henny Dewi Koeswanti. “Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1 (2020): 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634.
Mubaidilla, Miftakhul Rizal. “Penerapan Mnemonik Sebagai Metode Alternatif Untuk Menghafal Huruf Ikhfa’.” Al-Rabwah 16, no. 02 (2022): 90–96. https://doi.org/10.55799/jalr.v16i02.199.
Paramita, Gusti Ayu Putu Pradnya, Anak Agung Gede Agung, and Ida Bagus Gede Surya Abadi. “Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD.” Mimbar Ilmu 27, no. 1 (2022): 11–19. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45499.
Rosvita, Oleh Ayundha, and Indri Anugraheni. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Berbasis Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Tematik.” Jurnal Pendidikan Rokania VI, no. 1 (2021): 23–34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Satriah Satriah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.