PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PEWARISAN NILAI-NILAI DAN BUDAYA

Keywords:
Pendidikan Islam, Pewarisan Budaya, Nilai-nilai BudayaAbstract
Pendidikan Islam pada dasarnya merupakan upaya pembinaan dan pengembangan potensi manusia agar tujuan kehadirannya di dunia ini sebagai hamba Allah dan sekaligus khalifah Allah tercapai sebaik mungkin. Potensi yang dimaksud meliputi potensi jasmaniah dan rohaniah seperti akal, perasaan dan kehendak dan aspek rohaniah lainnya. Dalam wujudnya pendidikan Islam dapat menjadi upaya umat secara bersama, atau upaya lembaga kemasyarakatan yang memberikan jasa pendidikan bahkan dapat pula menjadi usaha manusia itu sendiri untuk mendidik dirinya sendiri. Tujuan pendidikan, baik pendidikan umum ataupun pendidikan agama selalu mengidealkan terciptanya sikap anak didik menjadi dewasa, yakni dewasa intelektualnya, dewasa emosionalnya, lebih-lebih dewasa spritualnya Sejak awal tumbuhnya kesadaran tentang adanya pendidikan dalam masyarakat telah diletakkan suatu prinsip dasar bahwa pendidikan dimaksudkan untuk menanamkan budaya dengan jalan mengajarkan anak-anak untuk mengetahui serta mengamalkan nilai-nilai, norma-norma, atau tata cara baik yang berlaku dalam masyarakat. Dari sini dipahami bahwa roh dari pendidikan itu adalah penanaman dan pewarisan nilai budaya. Kepribadian seseorang terbentuk karena adanya nilai-nilai budaya di mana seseorang dilahirkan, dibesarkan, dan dididik. Tanpa nilai budaya tidak mungkin lahir suatu kepribadian.
References
A. Baki, Nasir. Filsafat Pendidikan Islam (Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. al-Tarbiyah al-Islamiyah. Diterjemahan oleh Bustami A. Gani dan Djohar Bahry dengan judul Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Cet. VII; Jakarta: Bulan Bintang, 1993.
Al-Munawar, Said Agil Husin. Aktualisasi Nilai-Nilai Qurani dalam Sistem Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Ciputat Press, 2003.
Arief, Armai. Reformulasi Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: CRSD Press, 2005
Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Bagus, Lorenz. Kamus Filsafat. Cet. III; Jakarta: Gramedia, 2002.
B. F. Skinner, Science and Behavior, Terjemah Maufur, Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia (Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV. J-ART, 2005.
Faisal, Jusuf Amir. Reorientasi Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Gema Insani Pres, 1995.
Gazalba, Sidi. Asas Kebudayaan Islam Pembahasan Ilmu dan Filsafat Tentang Ijtihad, Fiqih,Akhlak, Bidang-bidang Kebudayaan, Masyarakat, Negara. Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1978.
Getteng, Abd. Rahman. Pendidikan Islam dalam Pembangunan Moral, Remaja, Wanita, dan Pembangunan. Makassar: Yayasan Al-Ahkam, 1997.
Khaeruddin. Pemikiran Nilai dan Etika Pendidikan Islam. Cet. I; Makassar: Yayasan Pendidikan Makassar, 2003.
Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992.
____. Pendidikan Islam Menghadapi Abad Ke 21. Cet. I; Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1988.
____. Peralihan Paradigma Dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial. Cet. I; Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002.
Mubaidilla, Miftakhul Rizal. “Internalisasi Pelajaran Dalam Kehidupan: Analisis Emperis Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Tingkat Dasar.” El-Fata : Jurnal Ilmu Tarbiyah 03, no. 01 (2023): 54–61. http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/elfata/article/view/225/211.
Mudyaharjo, Redja. Pengantar Pendidikan, Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Cet. I: Bandung: Alfabeta, 2004.
Nottingham, Elizabeth K. Agama dan Masyarakat; Suatu Pengantar sosiologi Agama Ed. I. Cet. IIX; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2002.
Poerbawatja, Soegarda. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1999.
Qutb, Muhammad. Sistem Pendidikan Islam. Cet. I; bandung: PT. Al-Ma’arif, 1984.
Redaksi Ensiklopedi Nasional. Ensiklopedi Nasional Indonesia. Jilid III. Cet. I; Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka, 1988.
Surajiyo, Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Cet VII; Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Islam Perspektif Islam. Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.
Tilaar, H.A.R. Paradigma BAru Pendidikan Nasional. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. III; Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Undang-Undang Dasar 1945.
O’Neill F, William. Educational Ideologies, Terjemah Omi Intan Naomi, Idiologi-Idiologi Pendidikan. Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Jumrianah Jumrianah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.