IMPLEMENTASI EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 002 SANGATTA UTARA

Authors

  • Apriliany Putri STAI Sangatta, Indonesia
  • Siti Nilam STAI Sangatta, Indonesia
  • Anjani Putri Belawati Pandiangan STAI Sangatta, Indonesia
https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i1.490

Keywords:

Evaluasi, Kurikulum, Pembelajaran PAI

Abstract

Pendidikan berperan penting membentuk peradaban yang bermartabat, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menekankan pembentukan karakter beriman, bermoral, dan berilmu. Kurikulum memiliki peran sentral dalam menentukan isi, metode pengajaran, dan evaluasi kemajuan siswa. Khususnya dalam Pendidikan Agama Islam, evaluasi kurikulum bertujuan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran dan mempertimbangkan kebutuhan serta tantangan pembelajaran dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sistem evaluasi dan implementasi kurikulum PAI di SD Negeri 002 Sangatta Utara, serta menilai dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif observatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap guru PAI di SD Negeri 002 Sangatta Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka hanya membawa perbedaan terminologi, seperti perubahan KD menjadi TP, dengan jangkauan soal yang lebih luas. Evaluasi di tingkat sekolah dasar tidak terlalu sulit, tetapi memerlukan penyesuaian dengan perilaku siswa, terutama bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan kurikulum PAI di tingkat sekolah dasar dan dapat menjadi acuan bagi peningkatan mutu pendidikan di masa depan.

References

Agustyaningrum, dkk. “Teori Perkembangan Piaget Dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?” Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 5, no. 1 (2022): 568–82.

Aladdiin, dkk. “Peran Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan.” Jurnal Penelitian Medan Agama 10, no. 2 (2019).

Amalia, dkk. “Evaluasi Kurikulum Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” ALSYS 3, no. 4 (2023): 363–73.

Ardianto, dkk. “Apa Itu Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif,” n.d.

Dewi, dkk. “Kepemimpinan Dalam Prspektif Komunikasi Organisasi UKM Jurnalistik Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa: Bahasa Indonesia.” In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 189–99, 2021.

Dhomiri, dkk. “Konsep Dasar Dan Peranan Serta Fungsi Kurikulum Dalam Pendidikan.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 3, no. 1 (2023): 118–28.

Djuanda, Isep. “Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model Cipp (Context, Input, Process Dan Output).” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3, no. 01 (2020): 37–53.

Fauzi, dkk. “Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Al Islam Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (2023): 272–83.

Hermawan, dkk. “Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10, no. 1 (2020): 34–44.

Hidayat, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep.” Jurnal Pendidikan Fisika 7, no. 2 (2019): 140–48.

Hidayat, dkk. “Model Pengembangan Kurikulum Tyler Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 5, no. 2 (2020): 197–218.

Julaeha, Siti. “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019): 157.

Magdalena, dkk. “Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan.” EDISI 2, no. 1 (2020): 132–39.

Mahrus, Mahrus. “Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 3, no. 1 (2021): 41–80.

Masnuah, dkk. “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 (Sisdiknas).” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 1 (2022): 115–30.

Nisa, dkk. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9, no. 3 (2023): 1374–86.

Nurmadiah, Nurmadiah. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2014).

Supardi, Supardi. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Pademawu Timur 4 Melalui In House Training (IHT).” Darmabakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 4, no. 2 (2023): 131–37.

Suryadin, dkk. Evaluasi Program Model CIPP (Context, Input, Process, and Product) Antara Teori Dan Praktiknya. Samudra Biru, 2022.

Umam, dkk. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dan Madrasah.” AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2023, 1–16.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Putri, Apriliany, Siti Nilam, and Anjani Putri Belawati Pandiangan. 2024. “IMPLEMENTASI EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 002 SANGATTA UTARA”. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta 2 (1):18-30. https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i1.490.

Issue

Section

Articles

Citation Check