IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BERBASIS KURIKUKULM MERDEKA

Authors

  • Miftakhur Rizki STIT Muhammadiyah Bojonegoro, Indonesia
  • Miftakhul Rizal STAI Sangatta, Indonesia
  • Eka Saptaning Pratiwi STIT Muhammadiyah Bojonegoro, Indonesia
https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i1.504

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Berbasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilakukan di SDN Tanjungharjo I pada tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil. Data primer yang di peroleh peneliti adalah pendidik kelas IV di SDN Tanjungharjo I untuk mengamati proses implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPAS. Data skunder pada penelitian ini meliputi dokumentasi sejarah sekolah, kondisi guru, visi dan misi, sarana dan prasarana, prestasi juga non akademik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pembelajaran IPAS dimulai dari merancang perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum Merdeka, yaitu menganalisis capaian pembelajaran (CP), menyusun tujuan pembelajaran (TP), menyusun alur tujuan pembelajaran (ATP), dan mengembangkan modul ajar, serta merancang pembelajaran berbasis pada scientific. Pelaksanaan pembelajaran berbasis pada scientific membantu guru dalam menciptakan tercapaian tujuan pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan kurikulum Merdeka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPAS dengan menerapkan kurikulum Merdeka dapat dilaksanakan dengan baik, namun ada beberapa kendala yang dialami oleh pihak sekolah yang bersumber dari peserta didik, guru, dan juga sarana dan prasarana.

References

A, Pribadi, Benny. Model Dasar Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat, 2009.

Ahyar, Hardani. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013( Kurikulum Tematik Integratif). Jakarta: Kencana, 2014.

Babang, Mastang Ambo. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makasar: Aksara Timur, 2017.

Dewi, L. Heny Nirmayani, and Ni Putu Candra Prastya. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4, no. 3 (2021): 378.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Malang: Cv. Literasi Nusantara Abadi, 2019.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, and Anisa Dwi Makrufi. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: Cv. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Marlina, Tuti. “Urgensi Dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar and Madrasah.” In Prosiding Ummetro, 2022.

Milliati, NA. Kurikulum Merdeka. Kudus: IAIN Kudus, 2023.

Mutia. “Characteristics Of Children Age of Basic Education.” FITRAH 3, no. 1 (2001): 114.

Novitalia Ablinda Sari, Sry Mulyati, and Andri Wahyono. “Meningkatkan Peran Aktif Murid Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pendemi Covid-19.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 2021.

Purba, Peronika, Ayu Rahayu, and Mumingsih. “Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SD Negeri Tahunan Yogyakarta.” Bulletin of Educational Management and Innovation 1, no. 2 (2023): 136–52.

Rochsantiningsih, D., Suciati, E. and Hartoyo, A. “Rekonstruksi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 9, no. 4 (2020): 448–57.

Sari, Faradila Intan, Dadang Sunendar, and Dadang Anshori. . “. Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5, no. 1 (2023): 149.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015.

Suhelayanti. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS). Langsa: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Susanti, Susi, Fiki Dzakiyyatul Aula, and Vivin Irawati. “Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Cakrawala: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 1 (2023): 1–7.

Watson, Kate. “Unicef for Every Child. Skill For The Future.” UNICEF Indonesia, 2017.

Widodo, Wahono, Fida Rachmadiarti, and Siti Nurul Hidayati. Ilmu Pengetahuan Alam SMP & MTs Kelas VII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Rizki, Miftakhur, Miftakhul Rizal, and Eka Saptaning Pratiwi. 2024. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BERBASIS KURIKUKULM MERDEKA”. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta 2 (1):31-41. https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i1.504.

Issue

Section

Articles

Citation Check