EVALUASI PENERAPAN PROGRAM P5 DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN PANCASILA

Keywords:
Evaluasi, Pendidikan Pancasila , Program P5Abstract
Penerapan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa, guna membentuk karakter dan identitas nasional yang kuat. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya penguatan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan. Metodologi yang digunakan melibatkan pendekatan sistematis dengan tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selama pelaksanaan, metode pembelajaran berbasis proyek diterapkan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa. Media visual juga digunakan sebagai alat bantu dalam memperkuat pemahaman siswa mengenai nilai-nilai Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program P5 di sekolah wilayah Sangatta Utara berhasil menumbuhkan kesadaran dan penghayatan siswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Evaluasi yang dilakukan menunjukkan perubahan positif dalam sikap dan perilaku siswa sehari-hari, yang mencerminkan karakter yang lebih religius dan berintegritas. Program ini memberikan model yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Pancasila, sehingga dapat menciptakan generasi yang memiliki komitmen terhadap kebangsaan dan karakter yang kuat.
References
Akhyar, M., Remiswal, R., & Khadijah, K. (2024). Pelaksanaan evaluasi P5 dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak. Instructional Development Journal, 7(2), 362-372.
Dahirin, D., & Shabran, S. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 12 Palembang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 3028-3037.
Dewantara, J. A., & Juliansyah, N. (2023). Identitas Nasional: Kontribusi Program P5 dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme di SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1-18.
Hati, A. P., Jamil, M., & Herliah, E. (2024). Manajemen Projek P5 dalam Mengamalkan Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(3), 360-368.
Hidayah, A. M. (2024). Analisis Implementasi Habituasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 63-71.
Kurniawan, T., & Wijarnako, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan pada siswa kelas VII SMP N 1 Kalikajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 9(1), 1-23.
Muntazarah, F., Fathahillah, F., & Prasojo, K. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Media Visual di UPT SPF SMPN 8 Makassar. Jurnal MediaTIK, 150-155.
Pembayun, A. F. (2024). Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila pada kelas viii di SMP Negeri 3 Blado Kab. Batang (Doctoral dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).
Saraswati, K. D. (2024). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MEMBENTUK KARAKER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 15 KOTA MALANG. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 9(9), 153-172.
Wardani, D. P. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 7 KOTA PASURUAN. Journal Publicuho, 7(2), 604-611.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nur Muhabibudin, Juliana Juliana, Ratna Dwi Ramdhani, Haenul Jarya, Qatrunnada Jinan Akmaliah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.