PENGEMBANGAN MEDIA BAHASA ARAB BERBASIS LAGU TEMA USROTII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SISWA KELAS I DI MI NURUL HUDA KETAMBUL TUBAN

Authors

  • Siti Nurhidayah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Indonesia
  • Nurul Ngainin Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Indonesia
https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i2.667

Keywords:

Media Bahasa Arab , Media Berbasis Lagu , Kemampuan Hafalan

Abstract

Minat dan hafalan siswa dalam proses pembelajaran pembelajaran dipengaruhi oleh tepatnya pemilihan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu guru mengefektifkan dan mengefesienkan pemahaman siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas I A MI Nurul Huda Ketambul. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket kepraktisan guru dan siswa, dan hasil tes kemampuan hafalan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil pengumpulan data yang telah dilakukan, bahwa uji kevalidan dari dua validator yaitu, data dari ahli materi 100%, dengan kriteria sangat valid. Dari ahli media 92% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis kepraktisan media diperoleh dari angket kepraktisan guru yaitu 100%, sedangkan hasil angket kepraktisan seluruh siswa yang berjumlah 16 siswa dengan total presentase 97,5%, dengan kriteria sangat baik. Dari hasil data pre-test dan post-test memperoleh nilai rata-rata 0,85 dengan kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut, hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan, mediabahasa Arab berbasis lagu tema usrotii sangat efektif jika diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kamampuan hafalan siswa kelas I A MI Nurul Huda Ketambul Tuban.

References

Andini Rachmawati, R, Ilmu Pengetahuan Budaya, F. 2022. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Ppenguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di Panti Asuhan Nurul Jannah. Jurnal Pendidikan, Https://Doi.Org/10.54443/Bj.V2i2.81.

Bariroh, N. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Komik Pada Mata Pelajaran SKI Materi Bani Umayyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII - A Mts. Bahrul Ulum Blawi Karangbiangun Lamogan.” Skripsi. Tuban Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban., 1–137.

Fadilah, A. … Setiaawan, U. 2023. Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal Of Student Research (JSR), 1(2).

Hikmah, N. 2019. Pembelajaran Kalam Dengan Media Musik (Lagu). Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V2i1.98.

Ida Ayu Anastasia. 2021. Implementasi Media Lagu Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Pada Siswa Kelas III MI Sultan Fatah Bintoro Demak. Jurnal Skripsi.

Mufidah, N. 2019. Pengajaran Bahasa Arab Menyenangkan Dengan Media Lagu Untuk Madrasah Ibtidaiyah Fun Arabic Teaching With Song Media For Primary School. Journal Of Education, 2(2), 2620–4355. Https://Doi.Org/10.32478/Al-Mudarris.V%Vi%I.263.

Ngainin, N. 2016. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Islam As-Salam Malam. Jurnal Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ni’am, R., Dan Ngainin, N. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Panoraja Berbasis Team Games Tournament (Tgt) Untukmeningkatkan Keterampilan Membacasiswa Kelas Iv A Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Di Mi Miftahul Huda Jenu-Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(02), 171–183. Https://Doi.Org/10.36420/Eft.V3i02.358

Downloads

Published

2025-04-03

How to Cite

Nurhidayah, Siti, and Nurul Ngainin. 2025. “PENGEMBANGAN MEDIA BAHASA ARAB BERBASIS LAGU TEMA USROTII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SISWA KELAS I DI MI NURUL HUDA KETAMBUL TUBAN”. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta 2 (2):15-24. https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i2.667.

Issue

Section

Articles

Citation Check