MUROJAAH AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI SDIT AL HIKMAH KEREK TUBAN

Keywords:
Muroja’ah Al Qur’an , Disiplin , KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru pendamping dalam meningkatkan disiplin siswa melalui muroja’ah Al-Qur’an juz 30 di SDIT Al-Hikmah Kerek. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sehingga menghasilkan pemahaman mendalam mengenai pengalaman subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendampingan seorang guru tentunya akan lebih efektif dalam pelaksanaanya karena siswa akan lebih fokus dan diam karena merasa diperhatikan dan takut dihukum jika tidak ikut muraja’ah, sehingga siswa akan diam di tempat dan mengikuti kegiatan muraja’ah juz tiga puluh dengan tertib dan disiplin. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi pentingnya dukungan orang tua dalam proses belajar anak, serta kolaborasi antara guru dan orang tua sebagai faktor kunci dalam keberhasilan pendidikan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan strategi meningkatkan kedisiplinan siswa agar saat pembelajaran siswa bisa lebih fokus dan terbiasa disiplin.
References
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif, 2021.
Adawiyah, Fatniaton. “Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Paris Langkis 2, no. 1 (2021): 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316.
Al-Faraby, Fahmi. “PERAN GURU DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MTsN 2 ACEH BESAR.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam VIII, no. I (2023): 1–19.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2019.
Fadhilah, Hilyati, Syahniar Syahniar, and Megaiswari Biran Asnah. “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 4, no. 2 (2019): 96. https://doi.org/10.29210/02394jpgi0005.
Khusna, N. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Karakter Anti Korupsi.” JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM 8, no. 2 (2016): 173.
Puspita, Ari Metalin Ika. “Peran Budaya Literasi Pada Peningkatan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 8, no. 1 (2019): 105–13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.2032.
Stefanny, Berliana, and Ratnawati Susanto. “Analisis Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Memotivasi Siswa Belajar Di Sekolah Dasar Jaya Suti Abadi.” Education and Social Sciences Review 4, no. 2 (2023): 82. https://doi.org/10.29210/07essr364500.
Sujatmiko, Ilham Nur, Imron Arifin, and Asep Sunandar. “Penguatan Pendidikan Karakter Di SD.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 4, no. 8 (2019): 1113. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12684.
Tarigan, Ernita. “Meningkatkan Kedisiplinana Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018.” Jurnal Tabularasa 15, no. 3 (2018): 272–82.
Taufiq, Agus. “Hakikat Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Pendidikan Anak Di SD 1, no. 1 (2014): 1–37.
Yusra, Yusra. “Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Pembelajaran Tahfizhul Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Imam Syafi’i Kota Bitung.” Journal of Islamic Education Policy 4, no. 2 (2020): 69–89. https://doi.org/10.30984/jiep.v4i2.1281.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Salamatatun Umma, Achmad Mukhlyson, Lathifatul Istitho’ah, Irfa'i Alfian Mubaidilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.