IMPLEMENTASI DIRECT INSTRUCTION LEARNING BERBASIS MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN VOCABULARY SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Keywords:
Pembelajaran Langsung , Wordwall , KosakataAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana model Direct Instruction yang dikombinasikan dengan media Wordwall dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa di MI Al-Mubarok Tuban. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik analisis berupa observasi dan dokumentasi. Selain itu, pembelajaran kosakata bahasa Inggris di kelas 2 MI Al-Mubarok dilakukan dengan model Direct Instruction yang berbasis Wordwall telah berhasil diimplementasikan melalui tahapan yang sistematis, mulai dari penyampaian instruksi yang jelas, latihan terstruktur, hingga evaluasi pemahaman siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran dibandingkan dengan metode konvensional. Penggunaan media Wordwall yang interaktif membantu siswa dalam memahami dan mengingat kosakata baru melalui berbagai aktivitas yang menarik dan bervariasi. Secara keseluruhan, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Direct Instruction atau pembelajaran langsung berbasis Wordwall dapat mendukung peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas 2 MI Al-Mubarok. Pembelajaran yang lebih sistematis dan interaktif berkontribusi terhadap peningkatan pemahaman serta partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
References
Dr. Abdul Fattah Nasution, M.Pd. METODE PENELITIAN KUALITATIF. Diedit oleh MA Dr. Hj. Meyniar Albina. Jl. Cibadak, Astanaanyar, Bandung: CV. Harpa Kreatif, 2023.
Fadillah, Maira. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Pemanfaatan Media Audio-Visual Di Kelas Rendah.” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP 1, no. 1 (2020): 16. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4453.
HARTATININGSIH, DWI. “MENINGKATKAN PENGUASAAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL SISWA KELAS VII MTs. GUPPI KRESNOMULYO.” ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah 2, no. 3 (2022): 303–12. https://doi.org/10.51878/action.v2i3.1443.
Herwanto, Herwanto. “Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Peserta Didik.” Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 12, no. 1 (2022): 150–64. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21372.
Khoriyah, Rifatul, dan Abdul Muhid. “Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 9, no. 3 (2022): 192–205. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4862.
Khusnah, Nadia Salisatul, dan Hastri Rosiyanti. “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam Upaya Meningkatan Keterampilan Menulis dan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Cipetir,” 2024, 2400–2409.
Lubis, Anggianna Putri, dan Ishaq Nuriadin. “Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6884–92. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400.
Novyanti, Happy Indira Dewi, dan Widia Winata. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Instruksional 4, no. 1 (2022): 27–33.
Nurhayati, Hermin, dan Nuni Widiarti , Langlang Handayani. “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2020): 3(2), 524–32. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
Pritandhari, Meyta P. “Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 5, no. 1 (2017): 47–56. https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.845.
Putri, Huriyah Alifia, dan Evi Sapinatul Bahriah. “Implementasi Model Pembelajaran Direct Intruction Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Konfigurasi Elektron” 3, no. 2 (2024): 225–32. https://doi.org/10.24952/lavoisier.v3i2.12071.
Rahmawati, Lulus Naila Maulina, dan Yuliyati (Universitas Negeri Surabaya). “MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA WORD WALL TERHADAP PEMAHAMAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SDLB-B untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA WORD WALL TERHADAP PEMAHAMAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SDLB-B.” Jurnal Pendidikan Khusus, 2018, 10.
Ramdhani, Novia, Hana Fauziyyah, Nur Komala Dewi, Siti Salwa, Nurul Fallah, Muhamad Rizwan, dan Teofilus Ardian Hopeman. “Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SATUAN WAKTU SISWA KELAS II SD Pendahuluan Sistem upaya sadar dan terencana untuk didik secara aktif mengembangkan potensi kekuatan pengendalian diriny” 10, no. 2 (2024): 1056–65.
ROHMATIN, ROHMATIN. “Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 3, no. 1 (2023): 79–88. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039.
Sidik NH., Moch Ilham, dan Hendri Winata. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1, no. 1 (2016): 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262.
Soraya, Bintang, dan Rita Sinta Dewi. “Upaya Peningkatan Motivasi Peserta Didik Kelas X - 3 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Game Wordwall.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1, no. 4 (2024): 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.89.
Zaharani, Hetty. “Penerapan Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memperbanyak Kosa Kata Bahasa Inggris.” Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2, no. 3 (2023): 30–33. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v2i3.81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Apriliana Apriliana, Siti Nur Aini Kunta Da’wah, Zeta Nurul Khoerani, Ziana Dhurrotul Ainiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.