PERAN GURU PENGGERAK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Authors

  • Siti Munfiatik STAI Sangatta, Indonesia
https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i2.671

Keywords:

Guru Penggerak , Pendidikan , Kualitas Pembelajaran

Abstract

Guru penggerak memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, menginspirasi, memotivasi dan menggerakkan siswa untuk belajar lebih giat serta mengembangkan potensi diri. Dalam era teknologi yang semakin maju, guru penggerak harus mampu mengembangkan kemampuan digital  dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang semakin menarik. Peran guru penggerak sangat penting dalam menciptakan budaya sekolah yang positif dan mendorong siswa untuk mencapai prestasi yang lebih baik, maka  harus selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas diri dan mengembangkan kemampuan  sebagai seorang guru yang inspiratif dan efektif. Penelitian ini menggunakan studi literature. Peneliti menggunakan berbagai sumber informasi dari literatur atau dokumen tertulis seperti buku, jurnal dan artikel. Berdasarkan telaah berbagai sumber yang telah dilakukan peneliti, maka dapat diuraikan bahwa Guru penggerak mampu memotivasi dan menginspirasi serta mendukung kebutuhan belajar siswa. Guru pengerak sangat berperan penting dalam membangun hubungan empati dengan siswa sehingga proses pembelajaran mnejadi efektif dan efesien dalam mencapai tujuan pembelajaran.

References

Amalia, Suci, and Dahlia Patiung. “Pengembangan Media Puzzle Untuk Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Huruf Latin Anak Usia Dini.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 4, no. 1 (2021): 53. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21598.

Arpa, Desi, and Maghfiroh. “Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok b Di Ra Ibnu Khaldun Pedekik Bengkalis.” Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2021): 37–46.

Astuti, ni wayan widi. “Pengaruh Kompetensi Guru, Disiplin Siswa Dan Sarana Media Pembelajaran Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di SMK Farmasi Saraswati Denpasar.” Widyadari 20, no. 2 (2019): 237–44. https://doi.org/10.5281/zenodo.3517972.

Daumiller, Martin, R. Rinas, D. Olden, and M. Dresel. “Academics’ Motivations in Professional Training Courses: Effects on Learning Engagement and Learning Gains.” International Journal for Academic Development 26, no. 1 (2021): 7–23. https://doi.org/10.1080/1360144X.2020.1768396.

Dewi, Violita Citra Kusuma, Ali Muhammad, and Cahyoko Edi Tando. “Koordinasi Antara Institusi Penegak Hukum Dalam Hal Menangani Masalah Penahanan Berdasarkan KUHAP Sebagai Upaya Mewujudkan Sistem Peradilan Pidana Terpadu Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (2022): 2668–75.

Haidir, Haidir, Muhammad Arizki, and Miftah Fariz. “An Innovation of Islamic Religious Education in The Era of The Industrial Revolution 4.0 in Elementary School.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 3 (2021): 720–34. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1688.

Jannah, Miftahul, Lantip Diat Prasojo, and Mohammad Adam Jerusalem. “Elementary School Teachers’ Perceptions of Digital Technology Based Learning in the 21st Century: Promoting Digital Technology as the Proponent Learning Tools.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7, no. 1 (2020): 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6088.

Mokalu, Valentino Reykliv, Johanes Kornelius Panjaitan, Noh Ibrahim Boiliu, and Djoys Anneke Rantung. “Hubungan Teori Belajar Dan Teknologi Pendidikan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022): 1475–86. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192.

Octavia, Eka Tiara, Ismiyati, and Mar’atus Sholikah. “How Do School Facilities Affect School Quality? Case Study in Vocational High School at Pati, Indonesia.” KnE Social Sciences, 2020, 865–81. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6648.

Parlindungan, Doby Putro, Galang Pakarti Mahardika, and Dita Yulinar. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) Di SD Islam An-Nuriyah.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020, 1–8.

Priyono, Anjar, and Abdul Moin. “Identifying-Digital-Transformation-Paths-in-the-Business-Model-of-Smes-during-the-Covid19-Pandemic2020Journal-of-Open-Innovation-Technology-Market-and-ComplexityOpen-Access.Pdf.” Journal of Open Innovation: Tecnology, Market, and Complexity 6, no. 4 (2020): 104.

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, n.d.

Sari, Mezia Kemala, Yulyana Putri, and Pascasarjana Universitas Andalas. “The Implementation of Using Picture Media on Teaching Present Continuous Tense.” Language Circle: Journal of Language and Literature 13, no. 1 (2018).

Setiawan, Iyan, and Sri Mulyati. “Efektivitas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (Microteaching) Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Dan Kesiapan Mengajar.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 15, no. 2 (2018): 51–60. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.Abstract.

Downloads

Published

2025-04-03

How to Cite

Munfiatik, Siti. 2025. “PERAN GURU PENGGERAK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH”. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta 2 (2):42-47. https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i2.671.

Issue

Section

Articles

Citation Check