IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP BAHASA DAERAH DI SD NEGERI 006 SANGATTA UTARA

Authors

  • Putri Addasia STAI Sangatta, Indonesia
  • Wahyu Tri Karisma STAI Sangatta, Indonesia
  • Yunda Zulfa STAI Sangatta, Indonesia
  • Anjani Putri Belawati Pandiangan Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
https://doi.org/10.55799/attaksis.v3i1.717

Keywords:

Metode Bercerita, Minat Siswa, Bahasa Daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode bercerita dalam meningkatkan minat siswa terhadap Bahasa Kutai. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek guru Bahasa Kutai dan siswa kelas 2A di SD Negeri 006 Sangatta Utara. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi dan penyajian data untuk memahami efektivitas metode bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita sangat efektif dengan didukung dengan alat peraga yang sesuai, mengingat tidak semua siswa fasih berbahasa Kutai. Penggunaan media visual, permainan, dan aktivitas menarik terbukti membantu pemahaman serta menjaga minat siswa. Pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan dengan gaya belajar dan karakter siswa juga penting untuk menciptakan suasana belajar yang optimal. Umpan balik konstruktif dan pendampingan berkelanjutan membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar, terutama dalam konteks bahasa daerah. Namun, keterbatasan sumber belajar dan tantangan bagi guru non-penutur asli menjadi kendala. Keberagaman etnis serta penggunaan bahasa Indonesia di rumah turut memengaruhi rendahnya pemahaman Bahasa Kutai. Diperlukan kolaborasi dalam pengembangan materi, peningkatan kompetensi guru, dan pelestarian bahasa daerah.

References

Addin, A S. n.d. Pengantar Bahasa Maba. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ouEsEQAAQBAJ.

Adiwijaya, Saputra, Anugerah Tatema Harefa, Santi Isnaini, Syarifa Raehana, Budi Mardikawati, Rudy Dwi Laksono, Saktisyahputra Saktisyahputra, Ramdani Purnamasari, Windi Susetyo Ningrum, and Mayasari Mayasari. 2024. Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Chandra, Zaki. 2023. “Analisis Kurikulum Merdeka: Mampukah Merevitalisasi Bahasa Daerah?” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2 (6): 28–38.

Ciwidey, H.N.G.S. 2024. Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. TATA AKBAR. https://books.google.co.id/books?id=TfrwEAAAQBAJ.

Dewi, R. 2021. Minat Belajar Dan Kompetensi Mahasiswa Dalam Penerapan Praktik Kebidanan. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=46ZCEAAAQBAJ.

Dr. Drs. I Wayan Suwendra, S.P.M.P., and S.P.M.P. I. B. Arya Lawa Manuaba. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan Dan Keagamaan. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=8iJtDwAAQBAJ.

Dr. Nova Christian Mamuaya, S.E.M.M., M.P.M.S. Wahyudi, M.P.C.S.T. Prof. Dr. Nurhasan Syah, M P Dr. M. Zainal Arifin, S T Jefri Kurniawan, S.P.M.S. Ahmad Herlyasa Sosro Pratama, S P Indri Gus Permata Sari, S.M.M.M. Hendro Sukoco, S.P.M.S. Dr. Lisa Hermawati, and S K M Asmalinda Sy. 2025. METODE PENELITIAN KUANTITATIF. https://books.google.co.id/books?id=HRJaEQAAQBAJ.

Eliyyil Akbar, M P I. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=MYP1DwAAQBAJ.

Erwan Juhara, dkk. n.d. Cendekia Berbahasa. PT Grafindo Media Pratama. https://books.google.co.id/books?id=hj9J1XDLG5MC.

Handayani, Y. 2019. Ragam Bahasa Di Indonesia. Bhuana Ilmu Populer. https://books.google.co.id/books?id=deKMDwAAQBAJ.

Jogiyanto Hartono M, P.D.M.B.A.A.C.M.A.C.A. 2018. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data. Andi Offset. https://books.google.co.id/books?id=ATgEEAAAQBAJ.

Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. n.d. GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books?id=hA9NEAAAQBAJ.

Metode-Metode Mengajar Perspektif Al-Qur’an Hadist Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran PAI. 2023. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=uxA-EQAAQBAJ.

Nurbaeti, Nurbaeti, Annisa Mayasari, and Opan Arifudin. 2022. “Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Tahsinia 3 (2): 98–106. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328.

Rahmayanti, Vina. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Di Depok.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1 (2): 206–16. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027.

Saputri, S F N, N Wijayanti, A Khasanah, N R Intani, S N Azizah, K N I Sari, E A P Sari, L A Malikha, A R Anisa, and J Sabila. n.d. Peran Bahasa Jawa Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Pen Fighters. https://books.google.co.id/books?id=Eq-tEAAAQBAJ.

Umami, A. 2021. Konsep Dasar Biotatistik. Pelita Medika. https://books.google.co.id/books?id=XQYiEAAAQBAJ.

Yanti Yulianti, M P, P Wahyuningsih, and M M Teknologi. n.d. Metode Cerita Dan Karakter Anak. Mikro Media Teknologi . https://books.google.co.id/books?id=wSWzEAAAQBAJ.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Addasia, Putri, Wahyu Tri Karisma, Yunda Zulfa, and Anjani Putri Belawati Pandiangan. 2025. “IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP BAHASA DAERAH DI SD NEGERI 006 SANGATTA UTARA”. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta 3 (1):01-10. https://doi.org/10.55799/attaksis.v3i1.717.

Issue

Section

Articles

Citation Check