PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DAN IDENTITAS BUDAYA SISWA DI SDN 011 SANGATTA UTARA

Authors

  • Intan Permatasari STAI Sangatta, Indonesia
  • Haris Munandar STAI Sangatta, Indonesia
  • Anjani Putri Belawati Pandiangan STAI Sangatta, Indonesia
  • Putri Wulandari STAI Sangatta, Indonesia
https://doi.org/10.55799/attaksis.v3i1.719

Keywords:

Bahasa Daerah, Budaya Siswa, Karakter dan Identitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Bahasa Daerah dalam meningkatkan karakter dan identitas budaya siswa, serta untuk mengetahui tantangan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian dilakukan di SDN 011 Sangatta Utara dengan subjek guru mata pelajaran muatan lokal Bahasa Kutai dan siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Kutai berperan penting dalam pelestarian budaya lokal dan pembentukan karakter siswa. Penggunaan Bahasa Kutai secara rutin memperkuat identitas budaya serta menumbuhkan nilai-nilai seperti tanggung jawab, hormat, dan empati. Kegiatan pembelajaran berbasis budaya lokal juga meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, pembelajaran ini mendukung toleransi dan kolaborasi antar siswa lintas budaya, selaras dengan tujuan Profil Pelajar Pancasila. Peran guru dan sekolah sangat penting dalam merancang pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal.

References

Addin, A. S. (2024). Pengantar Bahasa Maba. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ouEsEQAAQBAJ

Ajip, R. (1999). Bahasa Nusanta Suatu Pemetaan Awal. Yayasan Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=L25rzORE1OcC

Alatas, M. A., Effendy, M. H., Desiana, A. Y., & Nisa, H. H. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Muatan Lokal Bahasa Madura di MI Kabupaten Pamekasan: Pendekatan Ekologis dalam Pendidikan Karakter dan Budaya. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 363–375.

Andina, E. (2023). Implementasi dan tantangan revitalisasi bahasa daerah di provinsi Lampung. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 14(1), 15–35.

Ayomi, P. K. (2020). PENGARUH PERUBAHAN SOSIAL TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA DAERAH DI KAMPUNG ANSUS DISTRIK YAPEN BARAT KABUPATEN YAPEN. Journal of Community Service. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:263648255

Danardana, A. S., Wahyuni, D., Setiyanto, E., & Rahayu, R. (2022). Dinamika Identitas dalam Bahasa dan Sastra. Dunia Pustaka Jaya. https://books.google.co.id/books?id=QPukEAAAQBAJ

Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79–101.

Dr. Drs. I Wayan Suwendra, S. P. M. P., & I. B. Arya Lawa Manuaba, S. P. M. P. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=8iJtDwAAQBAJ

Ependi, N. H., Pratiwi, D., Ningsih, A. M., Kamilah, A., Wijayanto, P. W., Dermawan, H., Hutapea, B., Yusuf, M., & Alamsyah, T. (2023). Pendidikan Karakter. Sada Kurnia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=3-yrEAAAQBAJ

Handayani, R. D., & Putra, P. D. A. (n.d.). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching - Jejak Pustaka. Jejak Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=mRVVEQAAQBAJ

Lestari, F., Maylita, F., Hidayah, N., & Junitawati, P. D. (2020). MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK. Bayfa Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=YI4mEAAAQBAJ

Mantri, Y. M. (2021). Digitalisasi Bahasa Daerah Sebagai Upaya Meningkatkan Ketahanan Budaya Daerah. TEXTURA, 2(2), 67–83.

Masinambow, E. K. M., & Haenen, P. (2002). Bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Yayasan Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=FZBkAAAAMAAJ

Muttaqin, M. F., Citrawati, T., Azizah, F. N., S, M. B. I., Shobirin, M., Rokhman, F., & Utomo, U. (2024). Membangun Literasi Bahasa dan Budaya yang Ramah Anak (Menggali Kreativitas dan Kebudayaan dalam Pembelajaran). Cahya Ghani Recovery. https://books.google.co.id/books?id=0ugjEQAAQBAJ

Ola, H. B. T. A. M. I. D., Beding, S. L., & Hapsan, A. (2025). MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA POSITIF SEKOLAH. CV. Ruang Tentor. https://books.google.co.id/books?id=LQ5XEQAAQBAJ

Pandaleke, T. F., Koagouw, F. V. I. A., & Waleleng, G. J. (2020). Peran komunikasi sosial masyarakat dalam melestarikan bahasa daerah pasan di Desa Rasi Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Acta Diurna Komunikasi, 2(3).

Pribadi, R. A., Mustika, C. N., Hindayanti, F., Rahmawati, M., & Fadilla, N. (2024). Implementasi pembelajaran mulok bahasa Jawa Banten pada peserta didik kelas IV sebagai penguatan karakter identitas masyarakat Banten di SDN Kedaleman II. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 10(3), 232–240.

Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M. P. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter. bumi aksara group. https://books.google.co.id/books?id=GT6AEAAAQBAJ

Purwanto, A. (2022). KONSEP DASAR PENELITIAN KUALITATIF: TEORI DAN CONTOH PRAKTIS. Penerbit P4I. https://books.google.co.id/books?id=V-18EAAAQBAJ

Rizal, C. B. S. C. S. A. A. (2021). Identitas Nasional: Handbook Perbandingan Politik. Nusamedia. https://books.google.co.id/books?id=cZ1sEAAAQBAJ

Rukanda, N., Yuliani, A., Noor, A. H., Mustika, I., Prabawati, M. N., Mulyani, E., Muslim, S. R., Lukman, A. I., Fitrianna, A. Y., & Aprianti, E. (2024). Pengembangan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Bayfa Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=X1EQEQAAQBAJ

Saputri, S. F. N., Wijayanti, N., Khasanah, A., Intani, N. R., Azizah, S. N., Sari, K. N. I., Sari, E. A. P., Malikha, L. A., Anisa, A. R., & Sabila, J. (n.d.). Peran Bahasa Jawa dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Pen Fighters. https://books.google.co.id/books?id=Eq-tEAAAQBAJ

Saravistha, D. B., Sutiapermana, A., Fardiansyah, H., Sembada, A. D., Riyanti, D., Usmi, R., Ahmad, D., Susilawati, E., & Fathimah, S. (n.d.). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Penerbit Widina. https://books.google.co.id/books?id=1p5wEAAAQBAJ

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., & Utomo, E. S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. UNISMA PRESS. https://books.google.co.id/books?id=iCZlEAAAQBAJ

Sulsalman Moita dan Ambo Upe, Z. (2018). Modernisasi dan Diskontinuitas Bahasa Daerah (Studi Kasus Penggunaan Bahasa Daerah Gu di Kelurahan Lakudo Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah. Jurnal Neo Societal, 3(2). https://doi.org/10.33772/jns.v3i2.4053

Yuwono, U., & Lauder, M. R. M. T. (2005). Pesona bahasa: langkah awal memahami linguistik. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=8rt2JikaPCoC

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Permatasari, Intan, Haris Munandar, Anjani Putri Belawati Pandiangan, and Putri Wulandari. 2025. “PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DAN IDENTITAS BUDAYA SISWA DI SDN 011 SANGATTA UTARA”. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta 3 (1):11-22. https://doi.org/10.55799/attaksis.v3i1.719.

Issue

Section

Articles

Citation Check