ANALISIS TANTANGAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN FIKIH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI TAHFIDZ ANNUR GENAHARJO

Authors

  • Achmad Fastabikhul A’mal Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IANU) Tuban, Indonesia
  • Ziana Dhurrotul Ainiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Indonesia
  • Ahmad Zaky Nurcholis Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Indonesia
  • Ima Yuni Astika Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Indonesia
https://doi.org/10.55799/attaksis.v3i1.744

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Inovasi, Tantangan Pembelajaran Fikih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan inovasi dalam pembelajaran Fikih di MI Tahfidz Annur Genaharjo dalam kerangka implementasi Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini menekankan pembelajaran kontekstual, berdiferensiasi, dan berbasis proyek. Namun dalam pelaksanaannya, guru menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan literasi digital, minimnya pelatihan teknis, dan kurangnya sarana pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengembangkan berbagai inovasi seperti blended learning, pemanfaatan media digital (Kahoot, YouTube, Canva), serta penerapan pembelajaran berdiferensiasi sesuai gaya belajar siswa. Meskipun menghadapi tantangan, guru mampu menciptakan pembelajaran Fikih yang adaptif dan kontekstual. Studi ini menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi guru serta penguatan dukungan sistemik agar pembelajaran Fikih sesuai semangat Kurikulum Merdeka.

References

Audia, Ahda, Nyoman Sugihartini, and I Made Putrama. “Pengaruh Media Pembelajaran Pengenalan Tata Cara Wudhu Dan Sholat Berbasis Animasi 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Karangasem.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) 8, no. 2 (2019): 197. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18285.

Auliya, Wildani Kushumah. “Integrasi Pendekatan Saintifik Melalui Model Pendidikan Agama Islam” 14, no. 1 (2022): 48–60.

Dewi. Zaqia Rahma, and Sunarni Sunarni. “Peran Literasi Digital Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi Dan Transformasi Di Era Digital.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan 4, no. 1 (2024): 9–14.

Fitri Indriani, Amir Mukminin. “Analisis Kendala Dan Solusi Yang Diterapkan Oleh Guru Dalam Pembelajaran Fiqih Di Kelas 2 Mi Arroudhoh Pancasila Sakti.” Pendidikan Agama Islam 11, no. 1 (2025): 101–14.

Hartedi, Seten. “Desain Pembelajaran Materi Fiqih Dalam Perspektif Kurikulum Merdeka Belajar Seten.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 08, no. 01 (2023): 67–73.

Khadziq, Muhammad Fuadzy Al, and Muh. Wasith Achadi. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2023): 200–211. https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i2.1500.

Mansir, Firman. “Analisis Model-Model Pembelajaran Fikih Yang Aktual Dalam Merespons Isu Sosial Di Sekolah Dan Madrasah.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2021): 88. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4212.

Nadiroh, Robiatin Alvin. “Penerapan Model Blended Learning Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas IV Di Era New Normal Di MI Masyhari Kebontemu Peterongan Jombang.” Journal Islamic Studies 1, no. 1 (2021): 92–112. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Priska, Sapri. “PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 2 MODEL MEDAN.” Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 2 (2024): 429–38. https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14164.

Rahmatika, Adelya Widyana, and Nadlir Nadlir. “Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Media Berbasis Digital Pada Fiqih Kurikulum Merdeka Di MI.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 8, no. 3 (2023): 763–68. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.685.

Ramayani, N. “Implemetasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Bagi Siswa Kelas X MAN 2 Langkat.” Journal Millia Islamia 01, no. 3 (2023): 284–96. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JMI/article/view/392%0Ahttps://jurnal.perima.or.id/index.php/JMI/article/download/392/321.

Rofiqoh, Rofika, Rutinah. “IMPLEMENTASI PROJECT -BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SDN 18/1 TELUK.” Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2025): 53–66.

Salsabila, Unik Hanifah, Muhammad Rifki, Tira Oktavianda, Annisa, and Dzaky Fauzan Abid. “Integrasi Teknologi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2024): 136–47. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i1.133.

SYIFA ALICIA, AGUS SUSANTI, SITI ZULAIKHAH. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-IKHLAS FAJAR BULAN LAMPUNG BARAT.” Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan x, no. 1 (2024): 1–23.

Tayebinik, Maryam, and Marlia Puteh. “Sense of Community: How Important Is This Quality in Blended Courses,” 2015. http://arxiv.org/abs/1504.00249.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Fastabikhul A’mal, Achmad, Ziana Dhurrotul Ainiyah, Ahmad Zaky Nurcholis, and Ima Yuni Astika. 2025. “ANALISIS TANTANGAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN FIKIH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI TAHFIDZ ANNUR GENAHARJO”. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta 3 (1):23-32. https://doi.org/10.55799/attaksis.v3i1.744.

Issue

Section

Articles

Citation Check