PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN INTERNALISASI KONSEP FIQIH PADA SISWA MI NU 03 DARUSSALAM TUBAN

Keywords:
Media Digital, Internalisasi, Konsep Fiqih MIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pemanfaatan media digital dalam meningkatkan internalisasi konsep fiqih pada siswa MI NU 03 Darussalam Tuban. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara kepada guru fiqih di kelas 1 dan 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital seperti video animasi, aplikasi interaktif, kuis daring, dan presentasi multimedia mampu meningkatkan pemahaman, motivasi, serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, media digital juga mendukung siswa dalam belajar secara mandiri dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan fasilitas teknologi dan literasi digital guru, namun hal tersebut dapat diatasi dengan strategi pembelajaran kolaboratif dan pelatihan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media digital efektif sebagai sarana pembelajaran fiqih yang tidak hanya memperkuat aspek kognitif, tetapi juga mendukung internalisasi nilai-nilai keislaman secara afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, peningkatan infrastruktur dan kompetensi digital guru sangat diperlukan guna mendukung keberlanjutan pembelajaran fiqih yang inovatif di era digital.
References
Abdul, Dewis, Muh Arif, Prodi Pendidikan, Agama Islam Pascasarjana, Iain Sultan, and Amai Gorontalo. “PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK,” n.d.
Adinda Khairunnisa Putri1, Agil Nahar Febri Ema Tri Jida Maharani2, Auliana Laili Fajri Zakya3, Devinna Andarini Saputri4, Muhammad Ismail Faruqi5, Arita Marini6. “5535.” PERAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITALISASI DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN MINAT BELAJAR PADA MATA SISWAAN IPS DI SEKOLAH DASAR 3 (December 2023).
April Lailia, Shinta, Siti Fatimah, Afil Fres Seftiana, Sri Ayu, and Vesti Nurmala Rista. “MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI MI/SD PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0.” SIGNIFICANT : Journal Of Research And Multidisciplinary 2, no. 01 (June 11, 2023): 82–89. https://doi.org/10.62668/significant.v2i01.644.
Herlina, Herlina, Mardiah Astuti, Haza Triyunita, Tri Diah Rahmawati, and Nuzul Yana. “Pemanfaatan Media Digital Dalam Menarik Minat Siswa Di SD/MI Terhadap Pembelajaran PAI.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5, no. 6 (December 26, 2024): 8265–77. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i6.2431.
Hibatullah, Rifqoh. “IMPLEMENTASI NILAI NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS MUALIMIN UNIVA.” Journal of Sustainable Education. JOSE, n.d.
Hsb, Siti Julaiha Siti Julaiha Hsb. “PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PAI.” ANALYSIS: JOURNAL OF EDUCATION. Vol. 2. E-ANALYSIS, 2024.
Kuntari, Septi. “Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai 2 (May 22, 2023): 90–94. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1826.
Luthfi, Tiara, Shalimar Azzahra, Zidan Ahmad Farhan, Syifa Mutiara Puradireja, Sofyan Iskandar, and Nadia Tiara Antik Sari. “Media Pembelajaran Digital Sebagai Penunjang Mata Siswaan IPA Di Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) 2, no. 4 (November 20, 2023): 484–92. https://doi.org/10.56855/intel.v2i4.374.
Maghfirotus Syafa’ah. “Pemahaman Dan Internalisasi Nilai Ibadah Dalam Pembelajaran Fikih Di MI Nurul Islam Barat.” AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam 1, no. 4 (November 30, 2024): 21–30. https://doi.org/10.59841/al-mustaqbal.v1i4.99.
Min, Nurbaiti, and Tebing Tinggi. “Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Fiqih Di MIN 1 Tebing Tinggi.” KUALITAS PENDIDIKAN | 2, no. 3 (2024): 2024. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jkp|.
Nurlaela, Ela. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains.” Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 4, no. 2 (November 1, 2023): 102–10. https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.10566.
Rakhman, Patra Aghtiar, Annisa Salsyabila, Nasywa Nuramalia, and Putri Engelia Gustiani. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDN Cilampang Melalui Media Pembelajaran Digital Dan Konvensional.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah 5, no. 2 (December 17, 2024): 615–22. https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.293.
Setyawati, Dewi, and Indianis Ivada. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL RUMAH ADAT MELAYU PALEMBANG DI SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG,” n.d.
STAI Kuala Kapuas, Wahidin, and Kalimantan Tengah. “Jurnal Ilmiah Edukatif Pengembangan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa” 11, no. 01 (2025): 285–95.
Tafonao, Talizaro. “PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (August 2, 2018): 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Wibowo, Hery, Maulana Irfan, and Meilanny Budiarti Santoso. “BUSINESS COACHING: PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECIL MENENGAH DI ERA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) 2, no. 1 (May 22, 2021): 28. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.33435.
Wiyono, Mohd. “Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Indoneisa (JUPENDIA)Jupendia JUPENDIA. Vol. 1, 2025.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Shohibul Asrofin, Ziana Dhurrotul Ainiyah, Muhammad Abdullah Aslam Madani, Deni Syaputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.