https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/AT-Taksis/issue/feed At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta 2025-09-30T02:00:18+00:00 Anjani Putri Belawati P., M.Pd.I anjnny.3110@gmail.com Open Journal Systems <p>At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar adalah jurnal nasional yang menerbitkan artikel konseptual atau penelitian berkaitan dengan pendidikan dasar di madrasah/sekolah, pesantren dan perguruan tinggi. Jurnal ini sebagai media perantara para akademisi, praktisi dan peneliti untuk menyebarkan hasil karya tulis ilmiahnya yang akan diterbitkan pada bulan maret dan september sehingga dapat digunakan sebagai referensi, bahan ajar dan karya ilmiah serta desiminasi ilmu pengetahuan kepada masyarakat terutama bidang pendidikan.</p> https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/AT-Taksis/article/view/717 IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP BAHASA DAERAH DI SD NEGERI 006 SANGATTA UTARA 2025-06-14T12:32:59+00:00 Putri Addasia putriaddasia22@gmail.com Wahyu Tri Karisma trikarisma14@gmail.com Yunda Zulfa yundazulfa78@gmail.com Anjani Putri Belawati Pandiangan anjanny.3110@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode bercerita dalam meningkatkan minat siswa terhadap Bahasa Kutai. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek guru Bahasa Kutai dan siswa kelas 2A di SD Negeri 006 Sangatta Utara. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi dan penyajian data untuk memahami efektivitas metode bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita sangat efektif dengan didukung dengan alat peraga yang sesuai, mengingat tidak semua siswa fasih berbahasa Kutai. Penggunaan media visual, permainan, dan aktivitas menarik terbukti membantu pemahaman serta menjaga minat siswa. Pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan dengan gaya belajar dan karakter siswa juga penting untuk menciptakan suasana belajar yang optimal. Umpan balik konstruktif dan pendampingan berkelanjutan membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar, terutama dalam konteks bahasa daerah. Namun, keterbatasan sumber belajar dan tantangan bagi guru non-penutur asli menjadi kendala. Keberagaman etnis serta penggunaan bahasa Indonesia di rumah turut memengaruhi rendahnya pemahaman Bahasa Kutai. Diperlukan kolaborasi dalam pengembangan materi, peningkatan kompetensi guru, dan pelestarian bahasa daerah.</p> 2025-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Putri Addasia, Wahyu Tri Karisma, Yunda Zulfa, Anjani Putri Belawati Pandiangan https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/AT-Taksis/article/view/719 PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DAN IDENTITAS BUDAYA SISWA DI SDN 011 SANGATTA UTARA 2025-06-15T11:34:58+00:00 Intan Permatasari intanprmta1404@gmail.com Haris Munandar harismunandar123x@gmail.com Anjani Putri Belawati Pandiangan anjanny.3110@gmail.com Putri Wulandari urandari781@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Bahasa Daerah dalam meningkatkan karakter dan identitas budaya siswa, serta untuk mengetahui tantangan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian dilakukan di SDN 011 Sangatta Utara dengan subjek guru mata pelajaran muatan lokal Bahasa Kutai dan siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Kutai berperan penting dalam pelestarian budaya lokal dan pembentukan karakter siswa. Penggunaan Bahasa Kutai secara rutin memperkuat identitas budaya serta menumbuhkan nilai-nilai seperti tanggung jawab, hormat, dan empati. Kegiatan pembelajaran berbasis budaya lokal juga meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, pembelajaran ini mendukung toleransi dan kolaborasi antar siswa lintas budaya, selaras dengan tujuan Profil Pelajar Pancasila. Peran guru dan sekolah sangat penting dalam merancang pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal.</p> 2025-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Intan Permatasari, Haris Munandar, Anjani Putri Belawati Pandiangan, Putri Wulandari https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/AT-Taksis/article/view/744 ANALISIS TANTANGAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN FIKIH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI TAHFIDZ ANNUR GENAHARJO 2025-07-11T15:02:18+00:00 Achmad Fastabikhul A’mal fstbkhlamlyt@gmail.com Ziana Dhurrotul Ainiyah zdamns@gmail.com Ahmad Zaky Nurcholis zakinoer3@gmail.com Ima Yuni Astika imayunaastika@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan inovasi dalam pembelajaran Fikih di MI Tahfidz Annur Genaharjo dalam kerangka implementasi Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini menekankan pembelajaran kontekstual, berdiferensiasi, dan berbasis proyek. Namun dalam pelaksanaannya, guru menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan literasi digital, minimnya pelatihan teknis, dan kurangnya sarana pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengembangkan berbagai inovasi seperti blended learning, pemanfaatan media digital (Kahoot, YouTube, Canva), serta penerapan pembelajaran berdiferensiasi sesuai gaya belajar siswa. Meskipun menghadapi tantangan, guru mampu menciptakan pembelajaran Fikih yang adaptif dan kontekstual. Studi ini menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi guru serta penguatan dukungan sistemik agar pembelajaran Fikih sesuai semangat Kurikulum Merdeka.</p> 2025-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Achmad Fastabikhul A’mal, Ziana Dhurrotul Ainiyah, Ahmad Zaky Nurcholis, Ima Yuni Astika https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/AT-Taksis/article/view/746 PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN INTERNALISASI KONSEP FIQIH PADA SISWA MI NU 03 DARUSSALAM TUBAN 2025-07-12T04:56:46+00:00 Shohibul Asrofin shohibulasrofin1000@gmail.com Ziana Dhurrotul Ainiyah zdamns@gmail.com Muhammad Abdullah Aslam Madani muhammadelmadani11@gmail.com Deni Syaputri syaputrideni@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pemanfaatan media digital dalam meningkatkan internalisasi konsep fiqih pada siswa MI NU 03 Darussalam Tuban. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara kepada guru fiqih di kelas 1 dan 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital seperti video animasi, aplikasi interaktif, kuis daring, dan presentasi multimedia mampu meningkatkan pemahaman, motivasi, serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, media digital juga mendukung siswa dalam belajar secara mandiri dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan fasilitas teknologi dan literasi digital guru, namun hal tersebut dapat diatasi dengan strategi pembelajaran kolaboratif dan pelatihan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media digital efektif sebagai sarana pembelajaran fiqih yang tidak hanya memperkuat aspek kognitif, tetapi juga mendukung internalisasi nilai-nilai keislaman secara afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, peningkatan infrastruktur dan kompetensi digital guru sangat diperlukan guna mendukung keberlanjutan pembelajaran fiqih yang inovatif di era digital.</p> 2025-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Shohibul Asrofin, Ziana Dhurrotul Ainiyah, Muhammad Abdullah Aslam Madani, Deni Syaputri