PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI DIGITAL DI MI TARBIYATUL ATHFAL II LAMONGAN

Keywords:
Media, pembelajaran, aplikasi, digitalAbstract
Berdasarkan pada masalah yang ditemukan, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru MI Tarbiyatul Athfal II Lamongan dalam menggunakan media pembelajaran digital dan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran digital. Metode pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan mengumpulkan data dan menganalisi secara menyeluruh terkait kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran digital, kemudian memberikan pelatihan secara langsung kepada guru dalam menggunakan media pembelajaran digital. Strategi yang digunakan yaitu dengan memberikan pelatihan penggunaan media digitalkepada guru khsususnya aplikasi mindjet, flipbook, dan quiz creator. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini disimpulkan bahwa Media pembelajaran berbasis digital telah banyak dimanfaatkan oleh guru MI Tarbiyatul Athfal II Lamongan dan memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran. Namun, ada tantangan yang memerlukan perhatian, seperti infrastruktur dan kompetensi guru.
References
Ainiyah, Ziana Dhurrotul. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL BACAAN SHALAT FARDHU SISWA KELAS II MI MIFTAHUL HUDA TUNAH. At Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.55799/attaksis.v1i2.376
Anggito, A., & , J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Copyright CV jejak, 2018.
Bachri, & Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Trigulasi Pada Penelitia Kualitatif. Teknologi Pendidikan.
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT Remaja Rpsdakarya.
Danim, S. (2008). Media Komunikasi Pendidikan Pelayanan Profesional . Jakarta: PT Bumi Aksara .
Choirul, R., Rosyidah, dkk. (2022). Literasi Digital. Sumatra Barat: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Mohammad Fahmi Nugraha (2020). Pengantar Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. TASIKMALAYA: EDU PUBUSER .
Mubaidilla, Irfa’I Alfian. (2024). MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA. At Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.55799/attaksis.v2i1.278
Mubaidila, Irfa’I Alfian, dkk. (2022). THE EFFECTIVENESS OF THE CYBER LEARNING SYSTEM BASED ON THE GOOGLE MEET APPLICATION FOR PGMI STUDENTS. Premiere: Joural of Islamic Elementary School. https://doi.org/10.51675/jp.v4i2.305
Nugraha, M. F., Hendrawan, dkk. (2020). Pengantar Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar . Tasikmalaya: Edu Pubusher.
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasi Media Sigital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri . Jurnal Ilmiah Potensia.
NURSYIFA, A. (2018). Sosialisasi Peran Penting Keluarga Sebagai Upaya Pencegahan Dampak Negatif Teknologi Pada Anak Dalam Era Digital. ISSN 2615-2924.
Palupi, Y. (2015). Digital Parenting Sebagai Wahana Terapi Untuk Menyimbangkan Dunia Digital Dengan Dunia Nyata Bagi Anak. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015.
Setyaningsih, R., dkk. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal Aspikom, 3, 1200- 1214.
Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan teknologi Bergerak Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. 1, 1-8.