PENDAMPINGAN INTENSIF DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI ROHIS MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN IMPLEMENTASI SISWA SMP 1 KAUBUN

Authors

  • Mahfud Ifendi STAI sangatta, Indonesia
  • Farida Catur Anggriyani STAI Sangatta Kutai Timur, Indonesia
  • Tiara Saraswati STAI Sangatta Kutai Timur, Indonesia
  • Thayyibatul Islamiyah STAI Sangatta Kutai Timur, Indonesia
  • Alawiyah Nabila STAI Sangatta Kutai Timur, Indonesia
https://doi.org/10.55799/elmadaniyah.v2i01.647

Keywords:

PKM, Materi Fiqih Dasar, Karakter Siswa

Abstract

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini bertujuan untuk mengimplementasikan materi fiqih dasar dalam kegiatan Rohani Islam (Rohis) di SMP 1 Kaubun sebagai upaya pengembangan karakter siswa. Materi fiqih dasar yang mencakup hukum Islam terkait ibadah, muamalah, dan akhlak tidak hanya berfungsi sebagai pengetahuan agama, tetapi juga menjadi dasar pembentukan karakter, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Kegiatan Rohis dirancang untuk mendorong siswa menerapkan ajaran fiqih dalam kehidupan sehari-hari, baik melalui ibadah maupun interaksi sosial.Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif, meliputi pendampingan dalam acara keagamaan, pengajian, serta kegiatan sosial di lingkungan sekolah. Program ini berlangsung selama pelaksanaan KKL dengan melibatkan siswa secara aktif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa integrasi materi fiqih dalam aktivitas Rohis mampu memperkuat nilai moral siswa, meningkatkan kedisiplinan, serta membentuk karakter yang lebih peduli terhadap sesama.Dengan demikian, program ini memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan karakter siswa yang sejalan dengan nilai-nilai Islam. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model implementasi materi fiqih di sekolah lain melalui pendekatan berbasis kegiatan praktis seperti Rohis.

References

Arifin, B., Habsyi, I., & Irwan, I. (2023). Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Talaqqi di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lombok Barat. ISLAMIKA, 5(3), 1158-1175. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3617

Imamah, Y. H. (2021). Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa. Pemikiran Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(02), 1-12.

Musya’adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(1), 9-27. https://doi.org/10.31538/aulada.v2i1.556

Narita, Desi, et al. (2016). "Peranan Organisasi Rohani Islam dalam Meningkatkan Nilai Religius dan Kejujuran Siswa." Jurnal Kultur Demokrasi, vol. 4, no. 1.

Wahyudi, A., & Sobar, A. (2024). Strategi Komunikasi Dalam Penyuluhan Islam. El-Fatih: Jurnal Dakwah Dan Penyuluan Islam, 3(2), 62–71. Retrieved from https://ejurnal.stidkis-almardliyyah.ac.id/index.php/El-Fatih/article/view/34

Waizah, N., & Herwani, H. (2021). Penilaian Pengetahuan Tertulis Dalam Kurikulum 2013. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 207–228. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.54

Widiya Ningsih, A. ., & Albina, M. . (2024). Pengembangan Bahan Ajar Modul Dalam Pembelajaran Fikih: Hakikat Bahan Ajar Modul, Pentingnya Bahan Ajar Modul Dalam Pembelajaran Fikih, Tahapan Pengembangan Bahan Ajar Modul Dalam Pembelajaran Fikih, Penerapan Pengembangan Bahan Ajar Modul Dalam Pembelajaran Fikih, Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Modul Dalam Pembelajaran Fikih. Jurnal Kependidikan, 9(2), 11–17. Retrieved from https://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1761

Yudo Handoko, Y. H. (2023). Disiplin dan nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku tagguh dan tanggung jawab. Indonesian Journal of Islamic Religious Education , 1(2), 201-212. http://injire.org/index.php/journal/article/view/17

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Ifendi, M., Farida Catur Anggriyani, Tiara Saraswati, Thayyibatul Islamiyah, & Alawiyah Nabila. (2025). PENDAMPINGAN INTENSIF DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI ROHIS MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN IMPLEMENTASI SISWA SMP 1 KAUBUN. El-Madaniyah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01), 9–16. https://doi.org/10.55799/elmadaniyah.v2i01.647

Issue

Section

Articles

Citation Check